PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
TENTANG BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
I. PENDAHULUAN
a. Latar belakang
Pendidikan
pengembangan media sederhana produksi sablon termasuk pendidikan yang
mengembangkan jiwa, semangat dan nilai-nilai
belajar generasi muda.
Pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pola pikir
dan kecerdasan anak bangsa, yang mana pendidikan ini sangat memepengaruhi
kualitas dan moto bangsa, dengan
pendidikan ini maka terciptalah manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan
yang maha Esa, berbudi pekerti luhur, disiplin, bekerja keras, tanggung jawab,
mandiri, cerdas, dan bisa memberikan suatu yang terbaik untuk bangsa dan Negara
maka dari itu pendidikan sangatlah penting demi kemajuan Negara.
Media
pembelajaran adalah segala bentuk wujud yang digunakan untuk memyampaikan pesan
atau informasi dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu dapat disimpulkan
bahwa media merupakan bagian yang tidak dipisahkan dari proses belajar mengajar
demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran
disekolah pada khususnya.
Alat
peraga/media sederhana dalam pembelajaran merupakan bagian dari media
pembelajaran. Alat peraga begitu penting untuk dipelajari dan
diketahui, baik dalam hal cara pembuatan, maupun carapenggunaan, hal ini kegiatan pembelajaran memiliki warna
dan mudah dipahami oleh siswa.
Proses
pembelajaran akan lebih mudah dipahami jika seorang guru mengunakan alat atau
media untuk mencapai suatu tujuan tersebut.
Media disini sama penting halnya dengan guru, karena
tanpa adanya media dalam proses belajar mengajar, siswa akan sulit mengerti apa
yang dijelaskan oleh pendidik serta akakan membuat siswa lebih cepat merasa
bosan dan jenuh serta kurang ketertarikan untuk belajar. Dengan adanya media
bangun datar dan bangun ruang pendidik merasa terbantu, materinya lebih mudah
dipahami oleh siswa.
Media
sederhana yang dimaksud disini, yaitu penyampaian suatu bentuk media berupa
macam-macam bangun ruang/bangun datar agar siswa lebih mudah memahami dan
mengerti . media ini berhubungan dengan mata pelajaran Matematika, yang bisa
memahami sifat-sifat bangun dan bisa mengetahui berbagai macam sifat bangun
ruang.
b.
Tujuan Pembuatan Media Pembelajaran
Dengan dibuatnya media pembelajaran
bangun datar dan bangun ruang ini, diharafkan dapat :
1. Dapat
memberikan Ilmu pengetahuan lebih tentang sifat-sifat bangun datar dan bangun
ruang
2. Dapat
memberikan suatu ilmu tentang macam-macam bangun datar dan bangun ruang
3. Dapat
member semangat belajar pada siswa
4. Mengutamakan
siswa untuk bisa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan
bangun ruang.
c. Manfaat
Melalui alat
ini dalam pembelajaran matematika diharapkan pendidik dan peserta didik mampu :
1. Mengetahui
berbagai macam bangun ruang
2. Melengkapi
keperluan dalam kegiatan proses pembelajaran dikelas.
3. Menciptakan
dan mendorong motivasi belajar bagi siswa.
4. Memudahkan
pendidik dalam hal mentransfer ilmu pengetahuan, khususnya yang berkenaan
dengan bangu datar dan bangun ruang
d. sifat dan jenis
media
Alat peraga
ini atau alat ini bersifat 2 demensi dan 3 demensi, dimana siswa dapat melihat
dan cara penghitungan bangun datar dan bangun ruang tersebut.
II. ALAT
PERLENGKAPAN MEDIA BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
A. Proses
pembuatan media datar dan bangun ruang
1.
Peralatan
yang digunakan
a.
Alat
ü Geregaji
ü Pisau
ü Mistar
ü Gunting
ü Amplas
b.
Bahan
ü Kayu
ü Triplek
ü Cat/pernis
ü Spidol
ü Anpalas
ü Jangka
2.
Langka
pembuatan media
a) bangun
datar
Ø Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan .
Ø Ptong
triplek dengan geregaji sesuai dengan
ukuran yang diinginkan
Ø Bentuk
sesuai dengan bangun datar yang akan kita buat
Ø Beri
pewarna atau cat, agar bangun datar
lebih menarik.
b) Bangun
ruang
Ø Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan
Ø Potong
kayu dengan geregaji sesuai dengan pembuatan bangun ruang yang kita inginkan
Ø Kemudian
kita rancang dengan menggunakan penggaris terlebih dahulu dan pensil agar lebih
rap, sesuai dengan bangun ruang yang akan kita buat.
B.
Rincian Biaya
Dalam pembuatan
media ini hanya membutuhkan biaya yang sedang, ricaianya adalah…
No
|
Jenis Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satua
|
Jumlah harga
|
1.
|
Triplek
|
1 keping
|
Rp. 20.000.
|
Rp. 20.000
|
2
|
Kayu kasau
|
1 batang
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
3
|
Penggaris
|
1 buah
|
Rp. 2000
|
Rp. 2000
|
4
|
Cat/ pernis
|
3 buah
|
Rp. 15.000
|
Rp. 45000
|
5
|
Amplas
|
1 buah
|
Rp. 5000
|
Rp. 5000
|
6
|
Jangka
|
1 buah
|
Rp. 5000
|
Rp. 5000
|
7
|
Pensil
|
1 buah
|
Rp. 2000
|
Rp. 2000
|
Total
|
Rp. 94.000
|
3. PENUTUP
Kesimpulan
Demikianlah
proposal ini yang kami buat, dimana
proposal ini pengembangan media tentang bangun datar dan bangu ruang, di dalam
proposal inidijelaskan bahan dan alat-alat serta langka-langka pembuatan media
sederhana.
Semoga proposal ini bermanfaat bagi para
pembaca, dan apabilah ada kesalahan
dalam penulisan proposal ini saya sebagai penulis meminta maaf dan mimita
kritik dan saran yang membangun.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MI Jam’iyatul Qurro’
Padang Bindu
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : I SD/ II (dua)
Materi Pokok :
Geometri
Pertemuan /
waktu : Pertama dan ketiga / 6 x 30
menit
Metode : Ceramah dan
mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mengenal
segitiga, segi empat, dan lingkaran, limas, tabung,kerucut
B. Indikator
o
Mengidentifikasi benda segitiga dan benda bukan
segitiga
C. Materi Essensial
Mengenal Segitiga Segi Empat dan Lingkaran, limas,
tabung, kerucut (86)
- Mengenal segitiga dan bukan segitiga (86)
- Mengenal segi empat dan bukan segi empat (90)
- Mengenal lingkaran dan bukan lingkaran (94)
D. Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid
1B
o
Segitiga, lingkaran, persegi, limas, tabung,
kerucut,
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat
indikator
|
10
|
2.
Kegiatan Inti
o
Mengenalkan kepada siswa segitiga dan bukan
segitiga
o
Menjelaskan kepada siswa bahwa segitiga
mempunyai tida sisi
o
Menunjukkan kepada siswa benda yang bukan segitiga
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 87
o
Mengerjakan latihan 2 Hlm. 87
o
Mengerjakan latihan 3 Hlm. 88
o
Menjelaskan contoh hlm. 89
o
Membimbing siswa untuk menata batang korek api
menunjukkan bahwa susunan batang korek api dapat membentuk beberapa buah
segitiga.
o
Mengerjakan latihan pengayaan
|
siswa mempelajari segitiga dan
bukan segitiga
Mempelajari segitiga mempunyai
tida sisi
Mengerjakan latihan 1. Hlm. 87
Mengerjakan latihan 2 Hlm. 87
Mengerjakan latihan 3 Hlm. 88
Menjelaskan contoh hlm. 89
Melakaukan tugas 1 Hlm. 89
Mengerjakan latihan pengayaan
|
100
|
3.
Penutup
o
Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 8
|
Mengerjakan
pekerjaan rumah
|
10
|
Mengetahui
Kepala MI.
Jam’iyatul Qurro’
DARIUS.NS
|
Baturaja,
Guru Mata
Pelajaran
PATRIS LUMUMBA
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MI Jam’iyatul Qurro’ Padang Bindu
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : V SD/ II (dua)
Materi Pokok : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan /
waktu : Pertama dan ketiga / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah
dan mengerjakan soal
A. Kompetensi
Dasar
6.2 Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang
B. Indikator
o
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun kubus,
balok, bola, prisma tegak, Limas, dan
Kerucut
o
Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan
Kerucut
C. Materi Essensial
Bangun Ruang
(Hlm. 75)
D. Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid
5B
o
Pensil, jangka,
penggaris, dan penghapus.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|||
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||
4. Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Memberikan pertanyaan berapa jumlah rusuk
sebuah prisma tegak segiempat
|
Mencatat
indikator
Siswa
diharapkan menjawab 12 buah rusuk
|
15
|
||
5. Kegiatan Inti
o
Menjelaskan sifat-sifat dan cara
mengambar Bangun Ruang ;
o
Menugaskan mengerjakan latihan 7 hlm. 77,
latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79
|
Memperhatikan
dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan
tugas dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79
|
150
|
||
6. Penutup
o
latihan 10 hlm. 80, latihan 11 Hlm. 81 dan
latihan 12 Hlm. 83
o
Tugas Hlm . 82
|
Mengerjakan pekerjaan
rumah
|
15
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
DARIUS.NS
|
Baturaja,
Guru Mata
Pelajaran
PATRIS LUMUMBA
|
LAMPIRAN
POTO BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
BANGUN DATAR
2 komentar:
terimakasih pak....
Thanks Infonya, Mampir Juga Sebagai Tambahan Referensi Anda di :
1. Aplikasi Interaktif Pembelajaran Matematika Aljabar SMP
2. Download Software Pembelajaran Interaktif Matematika Bangun Ruang Tabung dan Kerucut SMP
3. Download Media Pembelajaran Matematika SMP ( Bola - Aritmatika - Persamaan Linear - Relasi dan Fungsi )
Posting Komentar